PBO - HELLO WORLD dan PROFIL

Tutorial Membuat Hello World dan Profil Menggunakan BlueJ


        Sebelum memulai tutorial, hal yang perlu dipersiapkan yaitu menginstal BlueJ melalui website resminya di www.bluej.org . BlueJ sendiri merupakan suatu IDE khusus yang dibuat sebagai media pengajaran bahasa pemrograman Java. BlueJ sangat cocok untuk digunakan oleh pemula yang baru belajar pemrograman Java, karena BlueJ memang didesain sebagai IDE untuk mengajarkan bahasa Java.
Berikut merupakan tutorial menggunakan BlueJ untuk pemula :

1. Membuat New Project
    Buka aplikasi BlueJ lalu klik Project => New Project pada pojok kiri atas.
    Buat nama project dan simpan file pada lokasi yang diinginkan, lalu klik OK.

2. Membuat New Class
          Klik New Class pada bagian kiri atas, atau pada menu Edit-> New Class  atau pada keyboard              Crtl+N.  Setelah itu akan muncul kotak dialog untuk membuat nama Class dan memilih Class            Language yaitu Java dan Class Type yaitu Class, lalu klik OK. 
          Disini kita membuat dua Class yaitu HelloWorld dan Profil dengan melakukan langkah yang sama.

3. Membuat Program
    Klik dua kali pada Class HelloWorld, lalu buat kode yang kita inginkan.Berikut adalah Source            Code Untuk menampilkan Hello World dan Profil :

HelloWorld.java

Profil.java

4. Menjalankan Program
    Untuk menjalankan program, kita dapat klik compile pada sisi kiri atas layar untuk mengecek apakah program masih terdapat error atau tidak. Jika muncul tulisan "Class compiled - no syntax errors" berarti program telah sukses dan dapat dijalankan. Jika belum, maka kita dapat mengecek kembali kodingan kita.
      Untuk melihat hasil compile, kita dapat klik kanan pada bagian class pada menu utama yang memiliki fungsi main, disini main class terdapat pada HelloWorld karena semua eksekusi akan dimulai dari sini.


Klik "void main(String [] args)" lalu akan muncul kotak dialog, klik OK.
Program akan berjalan dan menampilkan hasil sebagai berikut :
Untuk menampilkan hasilnya, kita dapat menginputkan data sesuai perintah. Berikut merupakan contoh input dan output dari program :


Sekian tutorial untuk menampilkan Hello World dan Profil menggunakan IDE BlueJ. Terimakasih.



Comments

Popular Posts