ETS-1- Manajemen Proyek Perangkat Lunak 2020

 Yulia Niza - 05111840000053



1. Apa yang dimaksud dengan manajemen proyek PL. Ruang lingkup manajemen proyek PL meliputi apa saja?


Manajemen proyek PL adalah aktifitas dalam merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan, mengawasi serta mengendalikan sumber daya pada proyek rekayasa perangkat lunak, dimulai sebelum aktifitas teknis di inisialisasi dan berlanjut pada keseluruhan batasan, perkembangan dan pemeliharaan perangkat lunak komputer serta controlling dengan menggunakan resource yang ada untuk membuat perangkat lunak dalam jangka waktu tertentu untuk memenuhi kebutuhan. 
Ruang lingkup manajemen proyek PL meliputi :
  • Project objectives, vision, mission dan goal (tujuan proyek);
  • Deliverables (apa yang akan diberikan pada user pada akhir proyek);
  • Milestones (penanda pencapaian dalam proyek);
  • Technical Requirements (kebutuhan teknis yang menjamin pemenuhan kinerja yang diminta oleh konsumen);
  • Limits, exclusions dan contraints (batasan dan pernyataan apa yang tidak termasuk);
  • Reviews with customers (untuk mencek apakah sudah sesuai dengan yang diminta oleh konsumen);
  • Secara keseluruhan dituliskan dalam sebuah: Feasibility Plan.
2. Berdasarkan video di atas, deskripsikan kegunaan aplikasi dan fitur-fitur yang ada di dalam aplikasi

Kegunaan Aplikasi : 

- Membantu ukm di seluruh indonesia, khususnya di jakarta supaya semua ukm memahami bagaimana dalam melakukan pencatatan transaksi keuangan

- Memudahkan wirausawan terutama pemula untuk mencatat transaksi keuangan sampai menghasilkan berbagai macam laporan keuangan

 - Membantu pihak ke-3 untuk memahami kondisi keuangan perusahaan tersebut. 

- Menyediakan standar penyusunan laporan keuangan bagi UMK
- Menyediakan alat bantu bagi UMK dalam menyusun laporan keuangan
- Membantu lembaga keuangan dalam menganalisis kemampuan keuangan UMK
- Menghasilkan laporan keuangan yang lengkap akurat



Fitur Aplikasi : 
- Registrasi 
- Data -> digunakan untuk menambahkan dan mengelola data-data yang meliputi kategori : 
    Data Usaha -> untuk menambahkan usaha baru
    Data barang, 
    Data Mata Uang, 
    Data Aset, 
    Data Bank Pemberi Pinjaman, 
    Data Saldo Awal, 
    Data Pelanggan, 
    Data Aset Lain, 
    Data Beban Lain,
    Data Satuan, 
    Data Pemasok, 
    Data Kas Valas, 
    Data Bank, 
    Data Kategori Barang, 
    Data Pembari Pinjaman, 
- Transaksi -> manambahkan setiap transaksi usaha
- Laporan Neraca -> menampilkan laporan pada periode tertentu
- Export Laporan -> menghasilkan laporan dalam berbagai format

3. Jika anda diminta mendevelop ulang, berapa lama mampu menyelesaikan? 

Melihat dari fitur yang disediakan aplikasi dan komplesitasnya, maka waktu untuk menyelesaikan aplikasi adalah 3 bulan. 

4. Selanjutnya tuliskan KAK dari aplikasi supaya memenuhi kebutuhan dari pengguna perangkat lunak

5. Untuk mewujudkan perangkat lunak tersebut tentukan aktivitas yang harus dilakukan, kemudian buatlah WBS nya

Aktivitas :
  • Inisiasi 
    • Menghubungi stakeholder
    • Menggali informasi dari stakeholder
    • Mendefinisikan kebutuhan pengguna
    • Mengumpulkan data yang dibutuhkan
    • Merekrut anggota tim
  • Analisis Kebutuhan
    • Menentukan fitur-fitur yang dibutuhkan
    • Membuat spesifikasi kebutuhan perangkat lunak
  • Desain dan Perancangan
    • Merancang aplikasi
    • Membuat desain layout aplikasi
    • Merancang database
    • Membuat DPPL
  • Implementasi
    • Membuat program
    • Mengaplikasikan fitur-fitur yang dibutuhkan
    • Deployment aplikasi
  • Uji Coba
    • Menguji coba prototype aplikasi
    • Memperbaiki error bila ada
  • Pelatihan dan Dokumentasi
    • Memberikan pelatihan kepada pengguna
    • Menyusunan laporan dan dokumentasi dari aplikasi

WBS :




6. Buatlah Penjadwalan untuk menyelesaikan proyek tersebut.

Link penjadwalan : https://docs.google.com/spreadsheets/d/1ejk-PSjF70c3iv6VsJYDdZuHeXqGUsz9qqZXkPuePRI/edit?usp=sharing





Comments

Popular Posts